1. Dari uraian singkat dari definisi informasi yang Anda ketahui, kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya. Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut?
Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang
sangat berarti bagipenerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau
dipahami dalam tindakan , keputusan sekarang atau nantinya.
Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar berita. Informasi
juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian,
analisis dan kesimpulan. ( Anton M Moeliono)
Berikut adalah contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi
Perusahaan PT.
INDOFOOD
Kebutuhan Informasi
yang mendasar untuk mengelola manajemen pada PT. INDOFOOD adalah:
1) Indentifikasi
permintaan konsumen
2) Pengaturan Keuangan
dan Akuntansi yang baik
3) Pengaturan Sistem
Manjemen yang baik
4) Perencanaan Kegiatan
Organisasi dan Manajemen yang Memadai
5) Pendistribusian
Barang/Jasa beserta Kendala dan Tempat
Tujuan promosi :
1) Menyebarkan informasi
produk kepada target pasar potensial
2) Untuk mendapatkan
kenaikan penjualan dan profit
3) Untuk mendapatkan
pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4) Untuk menjaga
kestabilan penjualan ketika terjadi persaingan pasar
5) Membedakan serta
mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6) Membentuk citra produk
di mata konsumen sesuai dengan yang di inginkan
Tujuan transaksional
system pemasaran dalam strategi pemasaran adalah :
1) Tingkat konsumsi
masyarakat yang maksimum
2) Tingkat kepuasan
konsumen yang maksimum
3) Tingkat pilihan
konsumen yang maksimum
4) Kualitas hidup
konsumen yang maksimum
2. Sebut dan jelaskan 5
bentuk sumber yang di kelola oleh seorang manajemen?
1) Manusia, berperan
penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak
pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses
manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.
2) Material, merupakan
salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang
modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun
perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.
3) Mesin, merupakan salah
satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan
bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses
dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses
kegiatan dalam sebuah perusahaan.
4) Uang, merupakan Modal
yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen
yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.
5) Informasi, merupakan
data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap
Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point
penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar
dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi
dengan salah.
3. Elemen lingkungan
adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan dan mempunyai
pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan
elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan
perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik?
1) Perusahaan dan
Pemerintah, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemerintah, antara lain : Data
UU Tenaga Kerja, Data Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan
Pemerintah pada perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak,
Data Jumlah Karyawan, dan Data Kebijakan Pemerintah.
2) Perusahaan dan
Masyarakat Keuangan, Data yang dibutuhkan Pemerintah pada Masyarakat Keuangan,
antara lain : Data Tingkat Suku Bunga dan Data Prosedur Kredit. Sedangkan yang
dibutuhkan Masyarakat Keuangan pada Pemerintah, antara lain : Data Profil
Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan,Data Keuangan Perusahaan, Data
Penjualan, Data Produksi.
3) Perusahaan dan
Pemasok, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemasok, antara lain : Data
Daftar Barang, Data Produksi, Data Harga Jual, Data Keluar Masuk Barang, Data
Kualitas Barang. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemasok pada Perusahaan, antara
lain : Data Profil Perusahaan, Data Pembelian Barang, dan Data Keuangan.
4) Perusahaan dan
Pelanggan, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pelanggan, antara lain : Data
Keuangan Pelanggan, Data Profil Pelanggan, Data Daya Beli Pelanggan, Data
Pribadi Pelanggan. Sedangkan data yang dibutuhkan Pelanggan pada Perusahaan,
antara lain : Data Kualitas Produk, Data Harga Produk, Data Stock Produk.
5) Perusahaan dan Serikat
Buruh, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Serikat Buruh, antara lain : Data
Keanggotaan Serikat Buruh dan Data Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data
yang dibutuhkan Serikat Buruh pada Perusahaan, antara lain : Data Peraturan
Kerja, Data Upah, Data Jabatan, dan Data Perusahaan.
6) Perusahaan dan
Pemegang Saham / Pemilik, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemegang Saham /
Pemilik, antara lain : Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data Investasi Pemegang
Saham. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemegang Saham pada Perusahaan, antara
lain : Data Laporan Keuangan, Data Pemegang Saham, Data Pangsa
Pasar, dan Data Profil Perusahaan.
7) Perusahaan dengan
Masyarakat Global ( Bisnis , Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Masyarakat
Global, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan, dan
Data Perjanjian Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan Masyarakat Global
pada Perusahaan, antara lain : Data Audit Internal, Data audit Eksternal, Data
Administrasi, Data Legalitas Perusahaan, Data Profil Perusahaan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar