Kamis, 01 Oktober 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem Informasi Manajemen





1.     Dari  uraian singkat dari definisi informasi yang Anda ketahui, kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya. Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut?
        
   Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti bagipenerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan , keputusan sekarang atau nantinya.
       Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian, analisis dan kesimpulan. ( Anton M Moeliono)


Berikut adalah contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi        
    
      Perusahaan PT. INDOFOOD
        Kebutuhan Informasi yang mendasar untuk mengelola manajemen pada PT. INDOFOOD adalah:
1)      Indentifikasi permintaan konsumen
2)      Pengaturan Keuangan dan Akuntansi yang baik
3)      Pengaturan Sistem Manjemen yang baik
4)      Perencanaan Kegiatan Organisasi dan Manajemen yang Memadai
5)      Pendistribusian Barang/Jasa beserta Kendala dan Tempat
     
          Tujuan promosi :
1)      Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2)      Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3)      Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4)      Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi persaingan pasar
5)      Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6)      Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang di inginkan
          
          Tujuan transaksional system pemasaran dalam strategi pemasaran adalah :
1)      Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum
2)      Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum
3)      Tingkat pilihan konsumen yang maksimum
4)      Kualitas hidup konsumen yang maksimum




2.      Sebut dan jelaskan 5 bentuk sumber yang di kelola oleh seorang manajemen?
1)      Manusia, berperan penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.
2)      Material, merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.
3)      Mesin, merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.
4)      Uang, merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.
5)      Informasi, merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.

3.    Elemen lingkungan adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik?

1)      Perusahaan dan Pemerintah, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemerintah, antara lain : Data UU Tenaga Kerja, Data Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan Pemerintah pada perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak, Data  Jumlah Karyawan, dan Data Kebijakan Pemerintah.

2)      Perusahaan dan Masyarakat Keuangan, Data yang dibutuhkan Pemerintah pada Masyarakat Keuangan, antara lain : Data Tingkat Suku Bunga dan Data Prosedur Kredit. Sedangkan yang dibutuhkan Masyarakat Keuangan pada Pemerintah, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan,Data Keuangan Perusahaan, Data Penjualan, Data Produksi. 

3)      Perusahaan dan Pemasok, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemasok, antara lain : Data Daftar Barang, Data Produksi, Data Harga Jual, Data Keluar Masuk Barang, Data Kualitas Barang. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemasok pada Perusahaan, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Pembelian Barang, dan Data Keuangan. 

4)      Perusahaan dan Pelanggan, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pelanggan, antara lain : Data Keuangan Pelanggan, Data Profil Pelanggan, Data Daya Beli Pelanggan, Data Pribadi Pelanggan. Sedangkan data yang dibutuhkan Pelanggan pada Perusahaan, antara lain : Data Kualitas Produk, Data Harga Produk, Data Stock Produk. 

5)      Perusahaan dan Serikat Buruh, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Serikat Buruh, antara lain : Data Keanggotaan Serikat Buruh dan  Data Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data yang dibutuhkan Serikat Buruh pada Perusahaan, antara lain : Data Peraturan Kerja, Data Upah, Data Jabatan, dan Data Perusahaan. 

6)      Perusahaan dan Pemegang Saham / Pemilik, Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemegang Saham / Pemilik, antara lain : Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data Investasi Pemegang Saham. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemegang Saham pada Perusahaan, antara lain  : Data Laporan Keuangan, Data Pemegang Saham, Data Pangsa Pasar, dan Data Profil Perusahaan.

7)      Perusahaan dengan Masyarakat Global ( Bisnis , Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Masyarakat Global, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan, dan Data Perjanjian Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan Masyarakat Global pada Perusahaan, antara lain : Data Audit Internal, Data audit Eksternal, Data Administrasi, Data Legalitas Perusahaan, Data Profil Perusahaan. 








Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar