Selasa, 13 Januari 2015
manajemen konflik
Definisi Konflik
Terdapat banyak definisi mengenai konflik yang bisa jadidisebabkan oleh perbedaan pandangan dan setting dimana konflikterjadi. Dibawah ini bisa terlihat perbedaan definisi tersebut:Conflict is a process in which one party perceives that its interestsare being opposed ora negatively affected by another party . Konflikmerupakan suatu bentuk interaksi diantara beberapa pihak yangberbeda dalam kepentingan, persepsi dan tujuan .Konflik adalah perbedaan pendapat antara dua atau lebih banyakanggota organisasi atau kelompok, karena harus membagi sumber
daya yang langka, atau aktivitas kerja dan atau karena merekamempunyai status, tujuan, penelitian, atau pandangan yangberbeda. Para anggota organisasi atau sub-unit yang sedangberselisih akan berusaha agar kepentingan atau pandangan merekamengungguli yang lainnya .Konflik merupakan sebuah situasi dimana dua orang atau lebihmenginginkan tujuan-tujuan yang menurut persepsi mereka dapatdicapai oleh salah seorang diantara mereka, tetapi hal itu tidakmungkin dicapai oleh kedua belah pihak .Konflik adalah perilaku anggota organisasi yang dicurahkan untukberoposisi terhadap anggota yang lain, prosesnya dimulai jika satupihak merasa bahwa pihak lain telah menghalangi atau akanmenghalangi sesuatu yang ada kaitan dengan dirinya atau hanya jika ada kegiatan yang tidak cocok .Di antara definisi yang berbeda itu nampak ada suatu kesepakatan,bahwa konflik dilatarbelakangi oleh adanya ketidakcocokan atauperbedaan dalam hal nilai, tujuan, status, dan lain sebagainya.Terlepas dari faktor yang melatarbelakangi terjadinya suatu konflik,gejala yang mengemuka dalam suatu organisasi saat terjadi konflikadalah saat individu atau kelompok menunjukkan sikap
“bermusuhan” dengan individu atau kelompok lain yang
berpengaruh terhadap kinerja dalam melakukan aktivitasorganisasi
sumber informasi : http://www.academia.edu/4481652/Manajemen_Konflik_Dalam_Organisasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar